Saturday, March 8, 2008

Lowongan CPNS Badan POM RI Tahun 2007



PENGUMUMAN Nomor : KP.00.02.242.5655 TENTANG
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN RI TAHUN 2007


Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor B/2147/M.PAN/9/2007 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan PNS Tahun 2007 dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 30 Tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, diumumkan sebagai berikut :


Badan Pengawas Obat dan Makanan RI membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil untuk mengisi lowongan formasi Badan POM RI Tahun 2007 untuk ditempatkan pada Badan POM RI Pusat dan Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia (daftar formasi terlampir).


Persyaratan pelamar meliputi :


Warga Negara Republik Indonesia
Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun per tanggal 1 Oktober 2007 dengan ketentuan :
Pendidikan D3 dan SMK/STM Elektro paling tinggi 24 tahun.
Pendidikan S1 paling tinggi 26 tahun.
Pendidikan Profesi dan S2 paling tinggi 28 tahun.
Kecuali bagi pelamar yang sampai dengan saat ini sudah dan masih bekerja di lingkungan Badan POM RI sekurang-kurangnya 1,5 tahun.


Bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja terakhir sekurang-kurangnya 1,5 tahun pada bidang yang sesuai dengan kebutuhan Badan POM RI, batas usia paling tinggi 35 tahun.


Pelamar diharuskan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) :
Pendidikan D3 terakreditasi minimal 2,75.
Pendidikan S1 terakreditasi minimal 2,75 (Pendidikan Profesi dilihat IPK S1).
Pendidikan S2 terakreditasi minimal 3,25.
kecuali bagi pelamar yang sampai dengan saat ini sudah dan masih bekerja di lingkungan Badan POM RI sekurang-kurangnya 1,5 tahun.


Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan.
Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS maupun Calon/Anggota TNI dan POLRI.
Tidak berkedudukan sebagai pengurus dan atau anggota partai politik.


Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum.
Berkelakuan baik dan sehat jasmani maupun rohani.


Ketentuan pengajuan lamaran :


Surat lamaran harus ditulis tangan dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar dengan menggunakan tinta hitam serta mencantumkan jabatan yang diminati dan 2 (dua) lokasi peminatan sebagaimana tercantum dalam tabel formasi. Misal : Jabatan :
Pengawas Sarana Distribusi Terapetik
Pendidikan : Apoteker : Daerah penempatan :
Badan POM RI Pusat dan BBPOM di Palembang


Lamaran ditujukan kepada :
TIM PENGADAAN CPNS BADAN POM RI TAHUN 2007
JL. PERCETAKAN NEGARA NO.23 JAKARTA PUSAT 10560


*Fotocopy ijazah/STTB/Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
*Fotocopy transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
*Daftar Riwayat Hidup Singkat yang berisi nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon/HP, jenis kelamin, agama, tinggi badan, pendidikan formal/non formal, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah dicapai, serta nama dan alamat tempat tinggal orang tua.
*Pas foto berwarna terbaru ukuran (3 x 4) cm dan ukuran (4 x 6) cm masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar.
*Memperlihatkan asli KTP dan Kartu Keluarga pelamar dimana nama dirinya tercantum.
*Surat lamaran beserta lampirannya diurutkan, disusun rapi, dan dimasukkan ke dalam stofmap folio tebal (kertas buffalo) berwarna :
Merah:Pelamar S2 dan Profesi
Kuning:Pelamar S1
Hijau:Pelamar D3
Biru:Pelamar SMK/STM Elektro


*Pada sudut kanan atas stofmap ditulis dengan jelas jabatan yang dilamar dan pendidikan pelamar.
*Ijazah Sementara atau Surat Keterangan Lulus berlaku, dengan catatan fotocopy ijazah asli yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang diserahkan selambat-lambatnya pada hari terakhir wawancara (tanggal 13 November 2007). Apabila tidak dilakukan pelamar dinyatakan gugur.


Tahapan dan pelaksanaan seleksi :


Seleksi Administrasi :


Pendaftaran dilaksanakan di Badan POM RI, Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia, kecuali Balai Besar POM di Jakarta disatukan dengan Badan POM RI.


Pendaftaran dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 9 dan 10 Oktober 2007 pukul 09.00 s/d 14.00 waktu setempat, dan dapat diperpanjang 1 (satu) hari apabila jumlah pelamar belum memenuhi kuota.


Setiap pelamar harus datang sendiri ke tempat pendaftaran (tidak diwakilkan).


Ujian tulis :


Ujian tulis dilaksanakan serentak di Badan POM RI, Balai Besar POM dan Balai POM di seluruh Indonesia pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2007 pukul 08.00 waktu setempat.


Materi ujian tulis adalah :


Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari :
Tes Pengetahuan Umum (TPU) meliputi unsur wawasan nasional, regional, dan internasional.
Tes Bakat Skolastik (TBS) meliputi unsur kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran.
Tes Skala Kematangan (TSK) meliputi unsur kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.
Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk mengukur kemampuan dan atau ketrampilan yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pekerjaan yang dilamar.


Setiap mengikuti ujian seleksi, pelamar wajib membawa Asli Tanda Peserta Seleksi, pensil 2B asli, karet penghapus, rautan, dan papan alas tulis.


Wawancara :
Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 13 November 2007 di Badan POM RI serta seluruh Balai Besar POM/Balai POM, kecuali Balai Besar POM di Jakarta yang dilaksanakan menyatu di Badan POM RI.


Peserta wawancara wajib menyerahkan hasil Psikotes (bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus ujian tulis) dan harus diserahkan selambat-lambatnya tanggal 13 November 2007.


Psikotes dapat dilakukan oleh psikolog yang telah mendapat Surat Rekomendasi Ijin Praktek (SRIP) dari Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI). Hasil psikotes dalam bentuk psikogram dengan analisanya sesuai contoh psikogram terlampir dan harus mencantumkan Nomor SRIP.


Pengumuman hasil seleksi :


Pelamar yang lulus ujian tulis dan wajib mengikuti wawancara akan diumumkan pada tanggal 8 November 2007.


Pelamar yang diterima menjadi CPNS Badan POM RI akan diumumkan pada tanggal 26 November 2007.


Lain-lain :


Pelamar yang terlambat atau tidak menyerahkan berkas kelengkapan persyaratan sampai batas yang ditentukan atau tidak lulus dalam setiap tahap seleksi dianggap gugur.


Lamaran yang diterima oleh Badan POM RI sebelum pengumuman ini, dianggap tidak berlaku dan supaya diajukan kembali di tempat pendaftaran.


Berkas lamaran yang telah dimasukkan tidak dapat diminta kembali.


Dalam rangka Seleksi Pengadaan CPNS ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun.


Lokasi pilihan hanya merupakan bahan pertimbangan untuk penempatan pelamar yang dinyatakan diterima sebagai CPNS Badan POM RI sesuai kebutuhan. Peserta yang dinyatakan diterima sebagai CPNS Badan POM RI harus bersedia ditempatkan di seluruh unit kerja di lingkungan Badan POM RI apabila lokasi pilihan telah terpenuhi.


Pelamar yang dinyatakan lulus menjadi CPNS wajib menyerahkan :


Surat keterangan sehat jasmani, rokhani, dan bebas narkoba dari dokter pemerintah.


Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).


Membuat surat pernyataan bersedia ditempatkan dan ditugaskan di unit kerja yang telah ditentukan minimal 5 (lima) tahun berturut-turut yang ditandatangani di atas materai Rp.6000,- dan diketahui orang tua pelamar.


Pelamar yang lulus dan akan ditempatkan pada Balai POM RI di Gorontalo, Pangkal Pinang, Banten, dan Batam, untuk sementara akan didayagunakan pada Balai Besar POM RI di Manado, Palembang, Bandung, dan Pekanbaru.


Sanksi
Sanksi berupa denda Rp.10.000.000,- (Sepuluh juta rupiah) akan dikenakan bagi :


Pelamar yang mengundurkan diri setelah diproses ke Badan Kepegawaian Negara.CPNS/PNS yang mengundurkan diri dengan alasan apapun setelah penempatan, denda ditambah biaya transport penugasan.


Badan POM (NA-DFC)
Jl. Percetakan Negara No.23 - Jakarta 10560 Indonesia
Telp: (021) 4259945, Fax: (021) 42889117, Email: Informasi@pom.go.id